Info SEO, Backlink dan PBN Indonesia 2018

7 Tips Hamil 9 Bulan agar Cepat Melahirkan yang Harus Mom Tahu

Tips hamil 9 BulanHamilnya seorang wanita menjadi sebuah berita yang menggembirakan bagi pasangan yang selalu menantikan hadirnya buah hati. Nah, buat Mom yang sedang hamil dan memasuki bulan ke-9, tips hamil 9 bulan agar cepat melahirkan perlu Mom ketahui. Hal ini bertujuan agar Mom lebih mempersiapkan diri jika belum juga ada kontraksi padahal sudah 9 bulan.

Sebenarnya HPL normal adalah 37 sampai 42 pekan. Waktu persalinan yang melebihi 40 pekan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya yaitu hamil pertama, obesitas, berat badan berlebih, sampai usia saat hamil (di atas 35 tahun). Nah, buat Mom yang ingin melahirkan dengan cepat dan tidak jauh dari HPL, terapkan tips-tips berikut.

  1. Tetap Aktif Selama Hamil

Tips hamil 9 bulan yang pertama agar cepat melahirkan yaitu tetap aktif. Tapi, tetap aktif di sini bukan berarti berlarian ke sana kemari seperti anak kecil. Hal itu justru berbahaya bagi Mom dan kondisi bayi di dalam perut. Maksud aktif di sini yaitu melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Karena, kadang dengan usia kehamilan yang semakin bertambah membuat ibu hamil malas untuk bergerak dan inginnya bed rest terus. Nah, hal inilah yang harus Mom hindari. Mencuci piring dan jalan-jalan di sekeliling rumah bisa dijadikan pilihan karena pekerjaan dan olahraga ringan ini tidak akan membuat tubuh merasa terlalu lelah.

  1. Tidur Cukup

Selanjutnya, Mom harus tidur cukup. Meski tidak semerepotkan morning sick, kondisi kandungan yang sudah menginjak 9 bulan masih sering membuat tidur tidak nyenyak. Oleh karena itu, menggunakan bantal khusus ibu hamil bisa dijadikan solusi. Meletakkan bantal di atas kaki atau lutut juga bisa meningkatkan rasa nyaman saat istirahat.

Tips hamil 9 bulan yang satu ini bukan hanya membantu mempercepat proses persalinan, tapi juga mengembalikan kualitas tidur. Karena, ibu hamil tua biasanya sulit untuk bisa tidur nyaman dan nyenyak. Idealnya, istirahat malam hari itu lamanya sekitar 7 jam dan usahakan untuk rileks. Untuk sementara, buang kekhawatiran tentang bayi yang yang belum juga lahir.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Tips hamil 9 bulan selanjutnya adalah melakukan olahraga ringan yang aman bagi ibu hamil. Selain jalan-jalan di sekeliling rumah, ada banyak olahraga ringan yang bisa Mom lakukan dan memiliki pengaruh siginifikan pada kecepatan proses persalinan. Contohnya senam hamil yang bisa memperkuat pinggul dan punggung.

Beberapa gerakan dalam yoga juga dianjurkan untuk dilakukan ibu hamil. Tapi, Mom harus berhati-hati karena ada gerakan yang tidak cocok dilakukan ibu hamil karena bisa membahayakan ibu dan bayi di dalam kandungannya.

  1. Selalu Perhatikan Nutrisi

Tips hamil 9 bulan lainnya adalah memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Berbagai jenis ikan sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil karena mampu menghidari risiko komplikasi saat persalinan. Manfaat yang sama bisa Mom peroleh dari susu dan olahannya seperti keju dan yoghurt.

Kemudian, perhatikan juga pola makan Mom. Jangan jadikan berat badan yang bertambah membuat Mom ingin makan porsi lebih banyak. Sebaiknya, makan secukupnya tapi semua nutrisi penting untuk ibu hamil bisa masuk dalam tubuh. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya asam folat seperti bayam, pisang, alpukat, dan lainnya.

  1. Minta Temani Suami

Kehadiran orang tercinta seperti suami juga menjadi tips hamil 9 bulan yang cukup ampuh agar bayi bisa segera lahir. Seorang suami bisa memberi support dan menghilangkan stress yang sering dialami ibu hamil saat detik-detik persalinannya.

Selain suami, Mom bisa minta mama atau mama mertua untuk menemani kalau suami Mom harus pulang dulu untuk mengambil pakaian di rumah. Intinya, kehadiran orang penting dan tersayang bisa membuat Mom lebih tenang dan percaya diri sehingga lebih siap menghadapi persalinan.

  1. Periksa ke Dokter

Tips hamil 9 bulan berikutnya yaitu periksa ke dokter, khususnya Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Pemeriksaan melalui USG akan dilakukan untuk memantau kondisi bayi, plasenta, sampai posisi tubuh bayi secara keseluruhan, termasuk posisi kepala terhadap jalan lahir. Dengan demikian, kemungkinan sungsang bisa segera dideteksi.

Kemudian, dokter juga akan memeriksa vagina Mom yang tujuannya untuk menilai indikator persalinan normal, misalnya kesiapan serviks (leher rahim). Jika lewat dari 42 pekan, biasanya dokter mempertimbangkan untuk melakukan beberapa prosedur medis yang bertujuan untuk membantu mempercepat proses persalinan.

  1. Jangan Lupa Berdoa

Berdoa juga tidak boleh Mom lewatkan karena ini menjadi tips hamil 9 bulan paling ampuh. Karena bagaimanapun, setiap usaha atau ikhtiar perlu dibarengi dengan doa pada Sang Pemberi Kehidupan. Minta pertolongan Tuhan agar dimudahkan dalam persalinan dan disegerakan lahirnya buah hati yang Mom yang akan membawa keceriaan dalam keluarga

Doa juga memberi pengaruh positif pada kondisi psikis Mom yang sedang merasa khawatir karena buah hati yang belum lahir juga. Panjatkan doa di saat-saat paling mustajab seperti di antara azan dan iqamah, saat hujan turun, atau sedekah. Selain doa, perbanyak juga dzikir yang bisa Mom lakukan kapan saja.

Ketujuh tips hamil 9 bulan tersebut harus Mom terapkan secara bersamaan agar maksimal hasilnya. Selalu positive thinking dan yakin bahwa persalinan Mom akan berjalan lancar, karena bukan hanya peralatan medis, keberhasilan dari sebuah persalinan juga dipengaruhi oleh kondisi psikis Mom.

Next PagePrevious Page
Tags
Similar Posts